Semakin Mudah, Aplikasi Google Voice Bisa Diperintah Dengan Bahasa Jawa dan Sunda

google input voice bahasa jawa

Raksasa internet, Google, senantiasa hadir untuk memberikan kemudahan pada pengguna aplikasinya. Salah satu dari aplikasi buatan perusahaan kreatif tersebut adalah Google Voice Input yang kini telah ditingkatkan fiturnya dengan menambah opsi bahasa daerah di Indonesia yaitu Jawa dan Sunda.

Fitur Google Voice Input bekerja berdasarkan kontrol perintah suara pengguna. Perintah suara tersebut nantinya akan dirubah dalam bentuk teks. Hasilnya pun sesuai dengan bahasa yang digunakan dan pengaturan pada bahasa yang sama.

Dalam hal ini, Google tidak bekerja sendirian. Pihak Google menggandeng sejumlah  universitas ternama di indonesia seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma dan Universitas Pendidikan Indonesia, untuk membuat proyek ini.

google unput voice

Tujuan utama dari Google pada proyek ini adalah, agar pengguna bisa menggunakan aplikasi buatan Google dengan mudah. Untuk itu, hambatan seperti kendala dalam berbahasa perlu diatasi, seiring dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia.

Tercatat, ada tiga aplikasi yang ssat ini bisa menikmati fitur terbaru dari Google input, yakni Google App, Google Translate untuk Andorid dan iOS serta Google Board, yakni aplikasi keyboard pada platform Android.

Google kini kian intens memfokuskan produknya kepada para pengguna dengan menambah fitur bahasa daerah di Indonesia. Hal ini disebabkan, tingginya pertumbuhan hingga mencapai 50 % diatas angka pertumbuhan pemakai secara global.

google voice input

Untuk penggunaan apliaksi ini sendiri pun cukup mudah. Pastikan agar pengaturan suara (voice) tekah dirubah ke dalam bahasa Jawa atau Sunda. Kemudian, pengguna membuka apliakasi Goolge Voice Input dan berikan perintah suara dengan bahasa yang dipilih.

Tercatat, penelusuran dalam bahasa Jawa menjadi salah satu pecarian yang populer di Google. Keyword seperti “bal-balan dino iki” atau “lagu dolanan anak” merupakan kata kunci dalam bahasa Jawa yang sering diketik pada laman pencarian Google.

Teknologi Machine learning yang diterapkan Google pada aplikasi voice input, menjadi hal utama ketika bahasa yang baru akan dimasukan. Untuk itu, Google bekerjasama dengan penutur asli dari bahasa tersebut untuk mengumpulkan contoh bahasa dan frasa yang umum dan populer digunakan sehari-hari.

google voice input bahasa jawa dan sunda

Susunan kata dan percakapan tersebut kemudian akan diproses oleh teknologi Machine Learning untuk dijadikan standar bahasa Jawa pada Google Voice Input. Setiap proses pengumpulan kata per kata, akan melatih teknologi Machine Learning untuk meningkatkan akurasi percakapan.

Dengan adanya penutur asli yang terlibat, tentu akan semakin membuat proses input suara dalam beragam bahasa, khususnya Jawa dan Sunda menjadi semakin lebih baik dan mudah dikenali secara akurat.

(DN)

Source : Kompas Tekno

Image : good news from indonesia, rancah post

Video : Youtube

 

Baca Juga

Kabar Gembira untuk Jobseeker, YesJob Hadir dengan Segudang Loker

Game L.A Noire Akan Segera Hadir di Nintendo Switch, PS4, Xbox One, dan HTC Vive

Plomo, Startup Informasi Makanan dan Minuman Gratis Setiap Hari

Mengetahui Siswa Bolos dengan Startup SIKAD? Bener Nggak Sih?

Synergo, Startup Management Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan

 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar