Kenikmatan Gahwa Arabi ini Memang Bikin Air Liur Menetes

Setelah berbicara mengenai Sobia dan Qamar al-Din, kali ini PiBi harus tahu kopi asli Arab yang siap memuaskan lidah dan tenggorokan, yaitu Gahwa Arabi. Awalnya, kopi khas dari Arab ini dipercaya sebagai minuman penyambutan lho, PiBi. Jadi, hampir setiap rumah selalu menyiapkan Gahwa Arabi untuk menyambut tamu yang datang. 

Jika berbicara perbedaan, sebenarnya Gahwa Arabi dan kopi biasa lainnya hampir sama. Hanya saja yang tampak jelas adalah perbedaan warna karena proses pemanggangan. Kopi Arab ini dipanggang hanya sebentar sehingga warnanya cenderung kuning kecoklatan. Karenanya, kandungan kafein pada Gahwa Arabi lebih tinggi daripada kopi lainnya. Kopi ini merupakan campuran dari beberapa bahan alami seperti cengkih, gahwa, kunyit, kapulaga, air, dan rempah-rempah.

Dilansir Amuslima, mengatakan bawa tidak hanya sebagai penjamu tamu, kopi ini juga digunakan sebagai menu berbuka puasa. Begitu banyak toko atau kedai yang menyediakan minuman ini di pinggir jalan sebagai minuman berbuka puasa. Selain itu, Gahwa Arabi juga sangat cocok bila disugugkan dengan makanan manis seperti kurma atau camilan manis lainnya. Kalau di Indonesia, bisa disandingkan dengan gorengan ya PiBi. Ada juga yang mengatakan kalau kopi Gahwa juga berkhasiat sebagai “obat kuat” untuk orang dewasa.

Cara penyajiannya pun harus menggunakan Dallah (Teko khas Arab) agar kesan dan nuansa Arabnya lebih berasa. Jadi, kopi disediakan di dalam Dallah yang besar, kemudian dituang ke cangkir-cangkir kecil yang bermotif Arab juga. Maka dengan begitu, simbol keakraban dalam menikmati minuman ini akan semakin terasa.

(MA)

Sumber : Google, Amuslima, Shirinresto, Shalwa Phoenix Photography

 

Baca Juga:

Wow Kolong Jembatan ini Disulap Menjadi Sebuah Cafe dengan Nuansa Vintage

Ngopi di Rumah tapi Nuansa Cafe dengan The Little Guy : Mesin Espresso

Forget the rainbow craze, food is now going goth Trend Baru: Semua Makanan Berwarna Hitam

Labfresh, Kemeja Kece Kekinian Anti Noda - Anti Tembus

Arctic Cold Brew Coffee, Alat Paling Baru Bikin Kopi Dingin Senikmat Buatan Barista

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar