Butterfly IQ, Alat Digital Pendeteksi Kanker yang Bisa Terhubung dengan iPhone

Kanker merupakan sebuah penyakit ganas yang bisa menyerang siapa saja tanpa kompromi. Mengingat begitu mengkhawatirkannya penyakit ini, maka banyak pihak yang mencoba untuk menanggulanginya. Salah satu cara menanggulangi penyakit mematikan ini adalah dengan membuat berbagai rekayasa ilmiah untuk mendeteksi gejala-gejalanya. Karena dengan pendeteksian dini, maka penanganan yang dilakukan pun akan tepat, sebelum terlambat.

Nah, saat ini banyak ditemukan teknologi yang bisa mendeteksi gejala kanker. Salah satunya adalah Butterfly IQ, sebuah alat praktis yang bisa terhubung ke iPhone. Lebih detailnya, Butterfly IQ merupakan scanner atau alat yang menggunakan chip semikonduktor, bukan kristal piezoelektrik yang digunakan oleh ultrasound tradisional. Jadi, cara kerjanya cukup sederhana yakni menggunakan gelombang suara untuk mendeteksi kelainan pada tubuh yang disebabkan oleh sel kanker.

Yang membuatnya menarik adalah bisa terintegrasi dengan iPhone. Adapun jenis iPhone yang bisa digunakan antara lain iPhone SE, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Alat “kupu-kupu” ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi Butterfly Network, Connecticut, Amerika Serikat. Kabar punya kabar, Butterfly IQ telah dirancang mulai tahun 2011 silam lho, PiBi. Kalau dihitung-hitung, penggarapan alat ini memakan waktu selama 6 tahun.

Untuk proses deteksinya, cukup hubungkan Butterfly IQ dengan iPhone. Setelah itu, mesin ini akan menghasilkan 9.000 getaran kecil yang melebur ke dalam chip semikonduktor dan seketika itu proses scanning akan dimulai. Jika sudah selesai, maka hasilnya akan diperlihatkan pada layar yang telah disediakan. Dikatakan pula, selain mendeteksi kanker, alat ini juga bisa mendeteksi beberapa penyakit ganas lainnya.

Karena kemampuannya yang cukup hebat, alat ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastik, yakni mencapai $2.000 atau setara dengan Rp 20 jutaan. Sayangnya Butterfly IQ masih dalam tahap penyempurnaan dan akan dijual secara luas pada 2018 mendatang.

(MA)

Sumber : Google, Gigazine

 

Baca juga : 

Keren, Panasonic Ciptakan Sebuah Alat yang Bisa Hitung Kalori Makanan

Ajaib! Gesper Sakti ini Bisa Buat Kamu Sehat Selalu

Moona, Bantal Pintar Dengan Segudang Fitur Canggih Agar Tidur Lebih Nyenyak

Wow, Teknologi ini Bisa Mendiagnosa Alergi Layaknya Dokter

Waspada, Ini Tandanya Kalau Kamu Sering Kesemutan

Tags: 

admin's picture


Joined: 09 Aug 2016

Tinggalkan Komentar